Jumat, 05 Februari 2016

Menggunakan ODK collect

ODK collect dapat digunakan dengan menggunakan perangkat smartphone (android) dengan tanpa menggunakan koneksi internet. Aplikasi ini sebagai alat sangat membantu dalam pengambilan data dengan tanpa menggunakan kertas (less paper) dan tanpa harus entri data yang artinya menghilangkan satu pekerjaan yang cukup menguras waktu. Untuk mengenal lebih, dapat dipelajari melalui https://opendatakit.org/

Pada dasarnya ODK terdiri dari 3 komponen, yaitu:
  1. perangkat mobile (smartphone sebagai data collect), tidak perlu mahal, yang penting kompatibel dengan aplikasi ODK collect yang dapat diunduh di google play store https://play.google.com/store/apps/details?id=org.odk.collect.android
  1. form, (data apa saja yang akan diambil), form ini dapat dibuat dengan menggunakan XlsForm yang dibuat pada MsExcel dengan format tertentu. untuk mempelajarinya dapat dilakukan melalui http://xlsform.org/. Form dalam bentuk excel ini selanjutnya harus di konversi ke bentuk xml file yang selanjutnya dapat di upload ke server (ODK aggregate) dan dapat diunduh atau digunakan di perangkat android.
  2. server (ODK aggregate sebagai server penyimpanan dan pengelolaan data), server ini adalah bagian penting yang akan bekerja sebagai pengelola data (upload form, export dan publish data).

Data yang dihasilkan oleh ODK ini adalah file *.csv (excel) dan file *.kml (peta) yang selanjutnya dapat dianalisis sesuai kebutuhan.

Setting ODK Collect pada Perangkat Android
Walaupun ODK collect  dapat digunakan dengan tanpa terhubung degan koneksi internet, namun pada saat setup dan submit data akan memerlukan koneksi internet.
  • buka aplikasi ODK collect pada perangkat android anda,
  • buka General Setting dengan cara klik tiga kotak yang berada di pojok atas (posisi tergantung jenis perangkat android)
  • lalu buka Configure platform setting, ganti server URL dengan https://odk-collect-laurio.appspot.com, ODK collect anda akan terhubung dengan server saya yang sudah terdapat contoh form yang bisa digunakan.
  • kembali ke menu utama dan klik Get Blank Form untuk mendapatkan form yang terdapat di server saya, checklist form yang akan digunakan lalu klik Get selected, maka dalam perangkat android anda sekarang sudah ada form punya saya (sebagai contoh)
  • untuk mengisi form, klik fill Blank Form yang ada di menu utama dan klik form yang akan digunakan, maka akan muncul halaman seperti gambar di bawah.
  • geser layar untuk pindah halaman (kembali atau maju), data yang telah diisi dapat disimpan atau langsung di submit jika terhubung dengan jaringan internet, data tersebut akan masuk ke dalam server https://odk-collect-laurio.appspot.com (tergantung berasal dari mana form yang anda gunakan untuk mengambil data)

note: bagaimana cara membuat form, server dan pengelolaan datanya akan disampaikan pada halaman berbeda.







3 komentar:

Lemozio mengatakan...

bos bisa bantu ya kasih cara buat server ODK Aggregate

Unknown mengatakan...

Mantap Bro Bisa Kasih saya Tutorial Lengkapnya k,...

pencari.ilmu mengatakan...

bagaimana cara membuat form, server dan pengelolaan datanya apa sudah ada penjelasannya?

Posting Komentar